Selamat Datang di Blognya Bambang Alisanto "Math Edutainment"... Lets Fun to learn Mathematic
Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Tuesday 17 February 2015

Pembahasan OSN Matematika SD/MI


Matematika memang menjanjikan berbagai keunikan metode dan jalan untuk menguji kemampuan abstraksi kita dalam menyelesaikan permasalahan. Oleh karena itu, label sebagai ibu dari segala ilmu pengetahuan yang disematkan rasanya memang layak disandang oleh Matematika. Mari kita lihat pembahasan materi di bawah ini...
diberikan sebuah pertanyaan sebagai berikut :

  • Aku adalah bilangan puluhan, dengan angka satuan sama dengan dua kali angka puluhannya. Jika nilaiku sama dengan empat kali jumlah angka penyusunnya, tentukan bilangan berapakah aku?
Untuk mengkonstruksi pengetahuan anak di dalam menyelesaikan permasalah di atas bisa dicoa langkah penyelesaian berikut ini :
  • Pahami kalimat yang diberikan sebagai petunjuk, yaitu : 
  1. Aku adalah bilangan puluhan (artinya: bilangan tersebut terdiri dari dua digit angka);
  2. Angka satuan sama dengan dua kali angka puluhannya (artinya : 12, 24, 36, atau 48); 
  3. Aku empat kali jumlah angka penyusunnya (12 = 4 (1+2), 24=4(2+4), 36=4(3+6), dan 48=4(4+8)
  4. Jadi, bisa kita tentukan aku adalah bilangan 12, 24, 36, atau 48
Sepertinya sulit bukan? tapi, ternyata mudah. OK, thats all for this session.
Selamat belajar dan sampai jumpa di pembahasan berikutnya ...

No comments:

Post a Comment

Silahkan tuliskan komentar anda di sini